Keraton Yogyakarta, Istana kebesaran Jogja tempo dulu

Destinasi Tempat wisata Keraton Yogyakarta atau mempunyai nama asli keraton Ngayogyakarta Hadiningrat namun keraton ini melebur menjadi satu dengan republik indonesia yaitu terjadi pada tahun 1950. walaupun sudah menjadi kesatuan dengan indonesia namun tradisi keraton tetap terjaga hingga saat ini.

Keraton Yogyakarta awal mula dibangun pada pemerintahan sri sultan hamengku buwono pertama, yaitu bertepatan setelah beberapa bulan pasca perjanjian Giyanti yang terjadi pada tahun 1755. dan karaton Yogyakarta awal mula merupakan bekas pesanggrahan dengan nama garjitawati.

Keraton Yogyakarta terdiri dari Komplek inti antara lain Kompleks Pagelaran, Siti Hinggil Ler, Kamandungan lor, Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul, Siti Hinggil Kidul sedangkan Komplek depan terdiri dari Gladhag Pangurakan, Alun Alur Lor, Masjid Gedhe sedangkan dibagian komplek belakang ada Alun Alun kidul dan juga Plengkung Nirbaya.

Tiket Masuk Keraton Yogyakarta
Untuk bisa masuk ke lokasi keraton yogyakarta, pengunjung diharuskan untuk membeli tiket sebesar Rp.5000* dan 15,000 untuk turis asing, namun harga tiket masuk tersebut tidak mengikat dan sewaktu waktu bisa merubah.

Jam Buka Keraton Yogyakarta
Untuk bisa masuk ke lokasi keraton yogyakarta anda harus datang ke lokasi pada Jam 09.00 hingga pukul 14.00 dan pada hari jumat, keraton akan tutup pada ja 11.00.

Alamat Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta berada di jalan Rotowijayan Blok no 1, panembahan, kraton, kota Yogyakarta