Candi Kalasan Yogyakarta, Candi yang dihiasi dengan ukiran yang cukup Indah

Candi Kalasan Yogyakarta merupakan peninggalan agama Budha yang dibangun pada masa pemerintahan maharaja tejapurnapana panangkaran dari keluarga Syailaendra, pembangunan candi kalasan awal mulanya adalah bertujuan untuk menghormati bodhisattva wanita.

Candi Kalasan Yogyakarta

Bangunan candi kalasan yogyakarta mempunyai bentuk persegi sedang atapnya berbentuk segi delapan dengan pusat puncaknya berbentuk stupa, awalnya diketemukan sudah rusak parah namun saat ini sudah di pugar ulang kembali dan sudah sangat bagus untuk bisa dikunjungi oleh pelancong.

Candi kalasan dibangun pada tahun 778 Masehi namun itupun tidak bisa di pastikan, karena pendukung untuk mengetahui pasti tahun pembangunan candi kalasan sudah rusak.  Erawisata.com

Pendiri Candi Kalasan Sleman Yogyakarta
Candi Kalasan merupakan candi budha yang dibangun pada masa pemerintahan maharaja tejapurnapana panangkaran dari keluarga Syailaendra yang merupakan pemerintahan yang cukup dikenal hingga saat ini, karena banyak sekali peninggalan pemerintahan keluarga syailaendra yang berhasil di ketemukan.

Fungsi Candi Kalasan Sleman Yogyakarta
Awal mula dibangunnya candi kalasan adalah untuk menghormati Bodhisattva Wanita, Tarabhawana dan sebuah vihara yang di peruntukkan buat para pendeta. sedangkan vihara yang diperuntukkan buat pendeta bisa jadi berada di candi sari yang memang letakknya tidak jauh dari lokasi candi kalasan.

Lokasi Candi Kalasan Yogyakarta
Lokasi candi kalasan sendiri berada di desa kalibening, kecamatan tirtomartani, sleman, Yogyakarta dan berjarak sekitar 16KM dari pusat kota Yogyakarta, lokasi candi kalasan berada di pinggir jalan raya dan bila anda naik kendaraan dari jogja menuju solo, candi akan terlihat.